Manfaat Menggunakan Software Close Source Dalam Sistem Komputer Perusahaan

Pengertian close source berkaitan dengan jenis-jenis software yang tidak dipublikasikan secara gratis dimana umumnya dapat digunakan secara berbayar. Software close source berarti kode aksesnya tidak diketahui secara umum oleh orang lain atau memiliki kode akses yang berbeda untuk setiap perangkat komputer yang berbeda.

Sebagai perusahaan yang profesional, biasanya lebih menyukai menggunakan software close source yang khusus digunakan untuk anggota perusahaan saja. Salah satu tujuannya adalah agar tidak mudah diakses oleh orang lain diluar perusahaan karena biasanya berisi data-data penting perusahaan.

Jenis software yang menyediakan versi close source antara lain seperti sistem operasi Windows, Internet explorer, Microsoft Office, McAfee, Norton dan masih banyak lainnya. Mengacu dari pengertian close source tersebut, maka penggunaan software close source memiliki banyak manfaat bagi perusahaan.

Menurut situs Maxmanroe.com, berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan software close source dalam sistem komputer perusahaan:

  1. Berlisensi Hukum
    Jika suatu software digunakan untuk kepentingan dan keberlanjutan perusahaan Anda, maka sebaiknya menggunakan yang jenis close source karena bersifat legal dengan lisensi resmi yang berkekuatan hukum. Karena jika kedepannya terjadi sesuatu dengan software tersebut yang mengakibatkan perusahaan Anda mengalami kerugian, maka Anda bisa mengajukan tuntutan kepada pengembang.
  2. Aman
    Tentu saja menggunakan software bajakan tidak sama dengan software yang orginal. Meskipun Anda harus mengeluarkan lebih banyak anggaran untuk membeli software original, namun dari segi keamanan tidak perlu diragukan lagi. Software close source mengandung kode akses penting yang tidak diketahui semua orang, dimana hal ini berarti jika Anda menggunakan software yang original bisa menghindari adanya pembajakan atau retasan sehingga keamanan data-data tetap terjaga. Yang jelas dan pasti, menggunakan software close source dijamin tidak ada manipulasi koding di dalamnya yang membahayakan bagi perusahaan Anda.
  3. Bebas Virus
    Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian close source sebelumnya, dimana software close source tidak dipublikasikan secara cuma-cuma untuk digunakan. Jika Anda menggunakan software yang closes source bisa meminimalisir serangan virus. Bagaimana bisa? Hal ini karena pada software bajakan yang umumnya tersedia secara open source sudah mendapatkan perubahan dalam koding programnya agar bisa diakses tanpa kode khusus. Sehingga dengan adanya kekosongan pada koding tertentu akibat perubahan tersebut bisa memudahkan virus masuk ke sistem.
  4. Tidak Sering Bermasalah
    Menggunakan software yang bajakan seringkali pengguna akan mendapatkan masalah berupa eror yang memerlukan instal ulang. Biasanya ini terjadi karena adanya crash akibat serangan malware yang meminta Anda harus menformat ulang software tersebut agar tidak menimbulkan masalah untuk aplikasi lain. Tentu saja hal tersebut akan sangat menganggu pekerjaan. Jadi sebaiknya mengguanakan software close source yang lebih aman dan efisien digunakan karena memiliki garansi resmi dari pengembang sehingga jarang terjadi masalah

Meskipun dari pengertian close source dan beberapa manfaatnya diatas bisa mendukung pekerjaan Anda, namun software close source masih memiliki beberapa kelemahan yaitu harganya yang relatif masih mahal dan diperluka tambahan biaya premi atau royalty secara berkala selama software tersebut digunakan.

Ditambah lagi jika ada fitur-fitur yang terkunci, maka Anda harus mengeluarkan budget yang lebih banyak untuk melengkapi software Anda. Terlepas dari itu, menggunakan software close source harus tetap menjadi prioritas karena hal ini juga menyangkut profesionalitas perusahaan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*